Batik Indramayu

image-145

Batik Indramayu yang dikenal juga dengan nama Batik Dermayon atau dikenal juga dengan nama Batik Paoman, termasuk dalam jenis batik pesisir. Karakteristik yang paling menonjol dari Batik Indramayu adalah ranggam dinyatakan flora dan fauna, dengan borgol dan banyak garis lengkung yang lancip (riritan), latar belakang putih dan warna gelap dan banyak titik-titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, dan bentuk dari isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Batik Indramayu

Salah satu contoh motif Batik Indramayu adalah Motif Etong. Motif ini menggambarkan satwa laut seperti ikan, udang, cumi, ubur-ubur dan kepiting. Contoh lain dari Motif Batik Indramayu adalah Motif Ganggeng, Motif ini menjelaskan jenis rumput laut yang ditemukan di Pantai Utara Jawa. Masih ada lagi Motif Batik Khas Indramayu yang menceritakan kehidupan sekitar pesisir pantai, seperti Motif Kapal Terdampar, Motif Kembang Gunda, dan lain-lain.

Batik Indramayu

Hampir semua Motif Batik Indramayu identik dengan kehidupan di pesisir pantai, namun ada beberapa Motif Batik Khas Indramayu yang menggambarkan kegiatan sehari-hari, seperti Motif Swastika, Motif Merak Ngibing, Motif Kereta Kencana, dan Motif Rombeng Jati.

Selain motifnya yang menarik, karakteristik Batik Indramayu juga memiliki latar berwarna muda seperti adanya pengaruh pelunturan dari keseluruhan warna motif batik. Selain itu, warna pokok hiasan cenderung menggunakan warna gelap yang agak kusam. Susunan motifnya sangat dinamis, cenderung asimetris dan ritmis.

Batik Indramayu tersedia dalam beragam jenis produk mulai dari bahan belum jadi (kain) sampai produk siap pakai seperti kemeja pria dan pakaian wanita.

Untuk pemasaran, Batik Indramayu selain berhasil menembus pasaran nasional, Batik ini juga sudah menembus pasaran Internasional.Untuk tujuan luar negeri batik Indramayu sebagian besar dipasarkan ke negara-negara Timur Tengah dan negara Eropa seperti Inggris dan Perancis.

Hasil Pencarian:

Tags: , , ,

Artikel Terkait

2 Responses to Batik Indramayu

  1. [...] membatik pada setiap sekolah di Indramayu. Hal itu dilakukan untuk melestarikan warisan budaya batik Indramayu yang juga merupakan ciri khas Kabupaten Indramayu. Belajar [...]

  2. [...] membatik pada setiap sekolah di Indramayu. Hal itu dilakukan untuk melestarikan warisan budaya batik Indramayu yang juga merupakan ciri khas Kabupaten Indramayu. Ekstrakulikuler Membatik di [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>