Golkar Ingin Pilpres 2014 Hanya Tiga Calon

Golkar Ingin Pilpres 2014 Hanya Tiga Calon

Daniel MSY. – Ketua Komisi II yang juga politisi Partai Golkar Agun Gunanjar Sudarsana mengatakan, Partai Golkar ingin pemilihan Presiden 2014 nanti hanya akan diikuti oleh dua atau tiga calon. Hal tersebut bertujuan agar fraksi diparlemen tidak terlallu banyak dan proses pengambilan keputusan cepat.

“Agar ada korelasi partai politik (parpol) pemenang dan parpol yang kalah, pengambilan keputusan lebih cepat,” ungkapnya dalam sebuah diskusi di Gedung Parlemen DPR RI, Kamis (12/7/2012).

Golkar Ingin Pilpres 2014 Hanya Tiga Calon

Ketua Komisi II yang juga politisi Partai Golkar Agun Gunanjar Sudarsana

Agun juga menambahkan, saat ini proses Lobi cukup panjang dan melelahkan. Selain itu citra Parpol tidak lebih baik dari sebelumnya. Fenomena saat ini adalah soal etika dan kepemimpinan.

Partai Golkar telah mengklaim telah membuat sistem yang tidak keliru, walaupun tak sempurna. Rakyatlah yang berdaulat utuk menentukan siapa pimpinannya, baik di parlemen, DPRD, maupun Bupati. Parpol tidak menentukan lagi.

“Jadi ada dua tahapan, yakni seleksi parpol dan election rakyat,” paparnya.

Yang menjadi permasalahan adalah saat Parpol sembarangan dalam mengusung calon yang tidak disertai etika. “Golkar sejak reformasi sampai saat ini belum mendapat kepercayaan masyarakat sehingga Golkar mengatur strategi di era demokrasi,” papar Agun.

Di kesempatan yang sama, pakar hukum tata negara, Margarito, menyarankan agar parpol memberikan ruang untuk konvensi. Soal menang atau kalah pasti ada. “Kita berharap presiden bukan jadi jongos asing dalam perebutan sumber daya alam,” ungkap Margianto.

Sumber: Kompas

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>