Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang

Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia, dan Jawa Barat juga merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki cukup banyak objek wisata, salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan asing adalah “Gunung Tangkuban Perahu” yang berlokasi di daerah Lembang, sebelah utara kota Bandung – Jabar.

Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang

Wisata Tangkuban perahu yang berlokasi di daerah Lembang, sebelah utara kota Bandung – Jabar, menyajikan pesona alam yang begitu mengagumkan, terutama pada saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dapat terlihat dengan jelas, tidak hanya itu, dasar kawah pun dapat kita nikmati keindahannya yang sangat mengagumkan. Keindahan alam inilah yang menjadikan Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wisata alam andalan Propinsi Jawa Barat, khususnya Bandung.

Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang

Di kawasan gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga kawah yang menarik untuk dikunjungi. Kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas. Kawah yang paling besar diantara ketiganya dan paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu. Dengan beberapa jam berjalan kaki, Anda bahkan dapat mengitari Kawah Ratu yang begitu luas sambil menikmati keindahan panorama Gunung Tangkuban Perahu.

Kawah Upas terletak di sebelah Kawah Ratu. Tetapi, untuk dapat melihat kawah ini harus melalui medan yang berbahaya, Anda harus melewati jalan yang berpasir untuk mencapai kawah ini. Maka, sangat jarang pengunjung yang datang melihat kawah ini. Bentuk Kawah Upas berbeda dengan Kawah Ratu. Kawah Upas lebih dangkal dan mendatar.

Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang

Sementara, Kawah Domas Berada lebih bawah daripada Kawah Ratu. Bila anda melalui jalan baru sebelum menuju Kawah Ratu, anda akan menemukan pintu gerbang menuju Kawah Domas terlebih dahulu sebelum menuju Kawah Ratu. Jika Anda ingin melihat Kawah Domas melewati jam 16.00 WIB, Anda diharuskan menggunakan jasa pemandu wisata.

Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang Gunung Tangkuban Perahu Dan Legenda Sangkuriang

Gunung Tangkuban Perahu itu sendiri berkaitan erat dengan legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang. Sangkuriang yang gagal meyelesaikan tugasnya dalam membuat perahu dalam waktu semalam sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu kandung dari Sangkuriang. Karena begitu kesalnya tidak dapat menyelesaikan pembuatan perahu tersebut, akhirnya Sangkuriang menendang perahu yang belum jadi tersebut, sehingga perahu tersebut telungkup ( telungkup dalam bahasa sunda yaitu tangkuban ). Cerita legenda inilah yang menjadi cikal-bakal nama Gunung Tangkuban Perahu.

Bukan hanya Tangkuban Perahu, masih banyak lagi wisata panorama alam yang bisa menjadi pilihan alternatif anda, untuk mengisi liburan atau akhir pekan bersama keluarga atau kerabat, seperti Kawah Putih. Kawah Putih yang berlokasi di Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan – Jawa Barat ini juga memiliki keindahan panorama alam yang juga mengagumka.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>