Kang Yance Pemimpin Yang Hidup Untuk Rakyat

Kang Yance Pemimpin Yang Hidup Untuk Rakyat

Daniel MSY. – Sebagai pemimpin Yang dipilih oleh rakyat, Dr. H. Irianto MS Syafiuddin atau yang lebih akrab disapa Kang Yance tidak bisa memisahkan dirinya dari rakyat. Ibarat sebuah kehidupan, rakyat telah menyatu dalam dirinya. Setiap nadi dan nafas hidupnya selalu diperuntukan untuk rakyat.

Bahkan, Kang Yance sampai-sampai mengesampingkan resiko jabatan yang ia miliki. Kalau sudah menyangkut rakyatnya, ia tidak perduli dengan resiko jabatannya. Hal itu beliau buktikan ketika menjabat sebagai Bupati Indramayu, beliau Berani mengambil resiko saat mengambil tindakan rehabilitasi pasca banjir pada tahun 2007 lalu.

Kang Yance Pemimpin Yang Hidup Untuk Rakyat

Dr. H. Iriatnto MS SYafiuddin | Kang Yance

Kang Yance mengambil tindakan rehabilitasi pasca banjir tersebut secara cepat t tanpa melalui prosedur baku yang di berlakukan dalam Kepres No. 80 tahun 2000 yang mengatur tata cara pengadaan barang. Kang Yance tanpa mempertimbangkan prosedur baku melakukan rehabilitasi korban banjir, seperti memperbaiki sekolah dan infrastruktur lainnya tanpa melalui proses tender.

Apa yang dilakukan Kang Yance tersebut membuat Kang Yance harus menghadapi BPK karena beliau dianggap telah melanggar prosedur. Ketika di konfrontir oleh BPK, Kang Yance tidak mengelak, beliau berani mempertanggungjawabkan keputusannya itu di hadapan pemeriksa BPK Yang datang ke Indramayu.

“Saya sebagai pemimpin yang dipilih oleh rakyat, saya harus mengambil tindakan cepat untuk melakukan rehabilitasi pasca banjir. Kalau harus menunggu tender, berapa banyak rakyat yang akan menjadi korban. Karena dalam tender itu dibutuhkan proses waktu lebih dari satu bulan,” tegas Yance di hadapan pemeriksa BPK.

Disini Kang Yance menegaskan dalam melakukan rehabilitasi pasca banjir tersebut tidak ada unsur KKN dengan penyelia Jasa. Bila pemeriksa BPK tidak percaya silahkan di cek ke berbagai obyek rehabilitasi banjir, misalnya sekolah yang di renovasi, apakah ada penyimpangan atau tidak. Kebijakan yang ia ambil untuk melindungi rakyatnya itu di kategorikan kahar (darurat) yang harus ia ambil sebagai kepala daerah yang dipilih oleh rakyat.

Pemeriksa BPK saat itu tidak juga mau percaya dengan penjelasan Kang Yance, mereka tetap menilai apa yang dilakukan oleh Kang Yance tersebut sudah menyalahi prosedur. Karena kesal sengan pemeriksaan tersebut, Kang Yance pun naik pitam dan mengusir pemeriksa BPK dari kantornya.

Disini kitita dapat melihat Kalau Kang Yance berani mempertaruhkan kepemimpinannya untuk rakyat, sekalipun resikonya cukup berat. Ia bisa di gelandang ke meja hijau dengan tuduhan KKN.

Kang Yance adalah sosok pemimpin yang selalu berpihak untuk rakyat, sekalipun resiko nya sangat berat Kang Yance berani untuk mengambil resiko tersebut demi kepentingan rakyatnya, karena Kang Yance hidup untuk rakyat.

Tags: , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>