Kang Yance Pengusung Ideologi “REMAJA”

KH M. Fariz FH : Kang Yance Ideal Pimpin Jabar

Kang Yance pengusung ideologi “REMAJA”. Ideologi ini tercipta karena Kang Yance mengawali kepemimpinannya di Kabupaten Indramayu dalam situasi politik yang jauh lebih dinamis jika dibandingkan dengan era sebelumnya, ia harus berpacu dengan waktu untuk mengangkat harkat dan martabat rakyat Kabupaten Indramayu yang ia cintai.

Ini harus Kang Yance lakukan karena pada saat mengawali kepemimpinannya di Kabupaten Indramayu, Kang Yance dihadapkan dengan kondisi daerahnya yang sangat memprihatinkan. Di Kabupaten Indramayu yang terletak di pesisir pantai utara pulau Jawa lebih tepatnya di bagian Jawa Barat yang orang sering menyebutnya dengan pantura rakyatnya dalam kondisi yang terbelakang dalam bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan keamanan yang sangat memprihatinkan.

Kang Yance

Untuk menjawab hal itu pada periode kepemimpinan pertama pada tahun 2000-2005, H. Irianto MS Syaifuddin atau dengan panggilan akrab Kang Yance mengusung vis “INDRAMAYU REMAJA” yaitu Religius, Maju, Mandiri dan Sejahtera. Dengan visi REMAJA tersebut diharapkan masyarakat Kabupaten Indramayu mampu melakukan pengeremajaan di segala bidang untuk membangun Kabupaten yang membentang sepanjang pantai Laut Jawa dari Subang sampai Cirebon.

Sebagai kepala daerah Kang Yance merupakan sebuah sosok yang sangat fenomenal. Sebagai Bupati Indramayu, Kang Yance banyak menorehkan prestasi. Selain mendapatkan puluhan penghargaan baik tingkat nasional ataupun tingkat internasional, dalam kepemimpinannya Kang Yance juga merubah Indramayu dari sebuah Kabupaten yang terbelakang menjadi sebuah kabupaten yang yang tersohor di Jabar (Jawa Barat).

Begitu juga sebagai tokoh dalam partai Golkar, Kang Yance berhasil mempertahankan lumbung suara di wilayah Kabupaten Indramayu pada pemilu 2009. Dan Kang Yance dipercaya menjadi Ketua Umum DPD Golkar Jawa Barat. Kepemimpinannya menjadi andalan untuk merebut kejayaan Golkar di wilayah Jawa Barat sebagaimana terjadi pada tahun 2004. Dimana provinsi Jawa Barat menjadi penyumbang utama kemenangan bagi Golkar.

Kang Yance mampu merubah Kabupaten Indramayu menjadi sebuah Kabupaten yang tersohor di Jawa Barat. Kang Yance mampu mengangkat sektor pertanian, pembangunan pesisir, pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, KTP berasuransi, dan juga Kabupaten Indramayu menjadi tempat studi banding daerah-daerah lain yang berada di Indonesia.

Kang Yance merubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin sehingga bisa membawa kemajuan bagi Kabupaten Indramayu. Sekolah gratis, kesehatan gratis dan KTP berasuransi memang suatu hal yang sangat mustahil untuk dapat dilakukan di Indonesia. Tapi dibawah kepemimpinan Kang Yance hal tersebut dapat diwujudkan. Tentu saja dengan kebijakan fiskal yang benar-benar memihak pada kepentingan rakyat.

Walaupun wacana pembanguna Kang Yance masih bersifat lokal, tetapi sebenarnya wacana tersebut bersifat global dan menjadi arus utama. Sebagai contoh kasus dalam hal ini adalah dalm bidang pertanian. Ketika lahan Kabupaten Indramayu menyusut 25% akibat industrialisasi dan pembangunan pemukiman, tapi Kang Yance mampu meningkatkan produksi gabah dari 5 ton menjadi 6,7 ton per hektar.

Mengingat prestasi yang sudah di dapat Kang Yance sebelumnya dan semua itu sudah terbukti secara nyata sangat wajar jika Kang Yance berani untuk tampil dan menduduki kursi Gubernur pada Pilgub Jawa Barat 2013 mendatang. Jawa Barat saat ini membutuhkan karakter yang dimiliki oleh Kang Yance. Dengan banyaknya wacana dari Kang Yance akan membawa Jawa Barat menjadi lebih maju dan juga masyarakat Jawa Barat akan menjadi sejahtera.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , ,

Artikel Terkait

3 Responses to Kang Yance Pengusung Ideologi “REMAJA”

  1. [...] kepada imam masjid, ustad dan ustadzah yang mengajar di madrasah. Apalagi dengan visi dari “REMAJA“, bukan hanya dari segi religius saja yang menjadi perhatian. Tapi dengan visi religi saja [...]

  2. [...] “Kang Yance sangat perhatian pada kaum ekonomi lemah, fakir miskin dan para pelajar di Indramayu dengan memberikan bantuan beasiswa pendidikan dan peralatan belajar bagi siswa kurang mampu. Beliau mau memberikan honor pada guru Madrasah dan Imam Masjid, membagi-bagikan kitab Al Qur’an untuk dipelajari, menyantuni para santri kurang mampu, memberi bantuan modal kepada para pedagang ekonomi lemah dan buruh tani. Pelaksanaan dan penyaluran zakat profesi, infak, dan sodakoh. Hal ini membuktikan sifat dan jiwa luhur Kang Yance yang berpihak pada rakyat kecil,” jelas H. Tajudin. [...]

  3. kayun says:

    Dengan remaja Kang Yance berhasil membawa Indramayu ke tempat yang lebih baik. Kami warga tasikmalaya mengharapkan Kang Yance menjadi Gubernur Jawa Barat dan menjadikan Jawa Barat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>