Karinding Attack Melestarikan Budaya Sunda Dengan Cara Yang Luar Biasa

Karinding

Karinding pada awalnya banyak digunakan oleh wanita Sunda, dibuat dari pelepah kawung (enau) dan memiliki bentuk seperti tusuk rambut sehingga mudah dibawa kemana-mana oleh para wanita Sunda jaman dulu. Awalnya karinding digunakan sebagai alat untuk mengusir hama di sawah, namun pada perkembangannya karinding menjadi salah satu alat musik tiup tradisional asli Sunda. Beberapa sumber menyebutkan bahwa karinding sudah ada di bumi Sunda sejak 300 tahun yang lalu.

Karinding

Karinding

Karinding Attack adalah sebuah band dari Sunda yang berhasil mempopulerkan kembali alat musik tiup karinding di telinga pendengar musik modern dengan warna musik yang cenderung baru akibat perpaduan antara musik tradisional dan aliran musik metal. Musik metal terpilih sebagai pendamping dari karinding ini dikarenakan background musik para personilnya yang mayoritas berasal dari band metal yang sempat populer di Bandung dan sekitarnya beberapa tahun yang lalu.

Nama-nama personil Karinding Attack:

  • Iman Zimbot : Toleat, Suling, Voice
  • Man Jasad : Karinding and voice
  • Mang Utun : Karinding
  • Kimung Core : Karinding and Celempung
  • Ameng GB : Karinding
  • Hendra : Karinding and Celempung
  • Okid Gugat : Karinding
  • Wisnu Jawis : Karinding

Hal ini sungguh membanggakan, disaat musisi senior berguguran dari blantika musik maka munculnya kelompok musik Karinding Attack ini sungguh menyegarkan, yang dengan indahnya mengemas karinding menjadi sebuah suguhan musik dengan aliran baru yang lebih bisa diterima oleh penikmat musik saat ini.

“Untuk menjadi modern tidaklah harus dengan cara meninggalkan budaya dan masa lalu bangsa kita”.

Semoga akan mucul Karinding Attack lainnya di bumi Sunda tercinta ini, dengan begitu maka akan muncul media-media pemersatu bagi bangsa ini.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Artikel Terkait

One Response to Karinding Attack Melestarikan Budaya Sunda Dengan Cara Yang Luar Biasa

  1. Ricky Omerta says:

    weitsss….mantaba heb….btw baru tau ane kalo ada alat musik namanya karinding….lestari budaya di tatar sunda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>