Kebijakan Kang Yance Dalam Menanggulangi Bencana

Kang Yance Pemimpin Yang Hidup Untuk Rakyat

Daniel MSY. – Selama memimpin Indramayu sebagai Bupati, Kang Yance sadar bahwa posisi Indramayu yang berada di daerah pantai dan terletak didataran rendah sangat rawan terhadap bencana, terutama banjir, bajir rob air laut, bahkan kemeringan. Untuk menanggulangi keadaan tersebut, Kang Yance yang saat itu masih menjabat sebagai Bupati Indramayu melalui Keputusan Bupati Indramayu Nomor : 360.05/Kep.445-Kesra/2004 membentuk satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di Indramayu dan penanganan pengungsi Kabupaten Indramayu.

Kebijakan Kang Yance Dalam Menanggulangi Bencana

Dr. H. Irianto MS Syafiuddin | Kang Yance

Kebijakan yang yang ditetapkan oleh Kang Yance untuk menanggulangi Bencana tersebut antaralain:

  • Diprioritaskan bagi yang menderita akibat bencana.
  • Pemantapan kesiapsiagaan petugas dan tenaga masyarakat untuk antisipasi bencana alam.
  • Pengembangan sistem jaringan informasi dan komunikasi.
  • Peningkatan kerjasama dengan Orsos, LSM, UKS, dunia usaha dan media massa.
  • Pendataan kajian pemetaan daerah rawan bencana alam.
  • Menitikberatkan pada upaya perlindungan terhadap segenap masyarakat dan lingkungannya melalui pencegahan, mitigasi kesiapsiagaan, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.
  • Mengupayakan penyelamatan dan penanganan korban bencana/pengungsi secara cepat dan tepat.
  • Mengikutsertakan segenap stakeholder (pemerintah swasta dan masyarakat) dalam upaya penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi.

Dari kebijakan tersebut Pemkab Indramayu menggulirkan Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam, seperti training of training, pemetaan dan pendataan daerah rawan bencana di Kabupaten Indramayu, pembentukan tenaga fasilitasi penyuluh kebencanaan, pelatihan dan penanggulangan PBP untuk anggota Pol PP, Suskalak B untuk Lurah/Kuwu dan aparatur.

Dengan sikap tanggapnya Kang Yance terhadap keadaan lingkungan di Indramayu, berbagai bencana yang rawan terjadi di Indramayu, seperti banjir, dan air rob di Indramayu dampaknya bisa di minimalisir, karena dalam penanganan bencana, ia menumbuhkembangkan kemampuan dan partisipasi masyarakat baik dalam pencegahan, penanggulangan dan penanganan pasca bencana.

Sikap tanggap Kang Yance tersebut, membuktikan bahwa Kang Yance adalah seorang pemimpin yang selalu memperhatikan keadaan rakyatnya juga lingkungan sekitar daerah yang dipimpinnya. Hal ini juga membuktikan, apapun keputusan yang diambil Kang Yance selalu menitik beratkan pada kesejahteraan rakyat yang dipimpinnya.

Tidak salah, walaupun ketetapan Kang Yance sebagai Cagub yang akan diusung Golkar pada Pilgub Jabar 2013 nanti belum secara resmi ditetapkan sudah banyak dukungan yang datang untuk Kang yance. Hal ini tidak lain karena melihat keberhasilan Kang Yance selama menjabat Sebagai Bupati Indramayu.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>