Kepemimpinan Profetik

Kepemimpinan Profetik

Daniel MSY. – Kepemimpinan Profetik merupakan model kepemimpinan yang diambil dari cara nabi atau rasul dalam memimpin umatnya. Para nabi dan rasul, memiliki beberapa karakter dan sifat yang sangat agung dan mulia yang sukses membawa perubahan dan kemajuan membangun sikap hidup pengikut dan masyarakatnya sesuai dengan zamannya masing-masing.

Kepemimpinan Profetik

Berikut ini adalah sifat dan karakteristik kepemimpinan Profetik:

  • memiliki karakter shidiq (Jujur). kepemimpinan profetik mengedepankan integritas moral (Akhlak), satunya kata dan perbuatan, kejujuran, sikap dan perilaku etis.
  • Memiliki karakter amanah. Kepemimpinan profetik menghadirkan nilai-nilai bertanggungjawab, dapat dipercaya, dapat diandalkan, memberikan jaminan kepastian dan rasa aman, cakap, profesiona dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya.
  • Memiliki karakter tabligh. Kepemimpinan profetik menggunakan kemapuan komunikasi secara efektif, memiliki visi, inspirasi, dan motivasi yang jauh kedepan.
  • Memiliki karakter fathanah (Cerdas). Kepemimpinan Profetik itu memiliki kecerdasan, baik secara intelektual, emosional maupun spiritual, kreatifitas, serta peka terhadap konsisi yang ada dan menciptakan peluang untuk kemajuan.
  • Memiliki karakter istiqomah (Konsisten/teguh). Pemimpin yang istiqomah adalah pemimpin yang taat azas, tekun dan disiplin, pantang menyerah, bersungguh-sungguh dan terbuka terhadap perubahan dan pengembangan.

 

Memiliki karakter mahabbah (Cinta, kasih sayang). Kepemimpinan profetik mengutamakan ajaran cinta (mahabbah) bukan kebencian dan pemaksaan.

Memiliki karakter yang shaleh/ma’ruf (baik, arif, dan bijaksana). Kepemimpinan profetik adalah wijud dari sebuah ketaatan kepada allah dan mendarmabaktikan dirinya untuk kesalehan, kearifan dan kebajikan bagi masyarakatnya.

Bila setiap pemimpin yang ada di Indonesia memiliki karakteristik seperti ini dalam kepemimpinannya, adalah hal yang sangat mungkin akan membawa perubahan dan kemajuan membangun sikap hidup rakyat Indonesia.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , ,

Artikel Terkait

One Response to Kepemimpinan Profetik

  1. restu aji says:

    untuk lingkup sasaran yang lebih luas pola profetik bagus tapi mohon tidak menggunakan syariat yang diajarkan nabi. Itu lebih bagus untuk memimpin sebuah negara yang multikulture, dan penuh dengan keragaman seperti di Indonesia ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>