Kilang Minyak Exor-1 Balongan

114

Kilang Minyak Exor-1 Balongan merupakan kilang minyak dari Pertamina. Pertamina secara keseluruhan mempunyai 6 kilang minyak yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah kilang minyak itu berada di Kawasan Industri Terbatas Balongan di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Pertamina menamakan kilang ini dengan nama Refinery Unit VI Balongan. Atau populernya sering dinamakan dengan sebutan Kilang Minyak Exor-1 Balongan. Dibangun sejak 1990, kilang di atas area seluas 1.000 hektar ini diresmikan Presiden Soeharto pada 24 Mei 1995.

Kilang Minyak Exor-1 Balongan

Exor merupakan singkatan dari export oriented refinery dimana tujuannya agar Indonesia tidak selalu mengekspor minyak mentah. Tapi tentu saja rencananya tidak hanya sampai disini saja, karena selanjutnya akan dibangun kilang-kilang yang lain juga. Seluruh hasil kilang berkapasitas 125 ribu barel per hari itu habis untuk konsumsi nasional. Lewat jaringan pipa sepanjang lebih dari 200 km, minyak dari Balongan dialirkan ke Jakarta, Banten, dan sebagain wilayah Jabar. Yang banyak diproduksi, menurut BPMP Indramayu, adalah premix dan super-TT.

Kilang Minyak Exor-1 Balongan

Selain kilang minyak, di Unit VI itu juga ada kilang residu RCC (Residue Catalytic Cracking) terbesar di dunia, yang berkapasistas 83 ribu barel per hari. Juga, sebagai hasil sampingan, Exor-1 menghasilkan propylene: bahan baku bagi industri plastik.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , ,

Artikel Terkait

One Response to Kilang Minyak Exor-1 Balongan

  1. Epim says:

    investasi yg ditanamkan Pertamina sangat besar apa dgn adanya Pertamina di situ juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat indramayu ????

    apakah rekriutmemt tenaga kerja migas ini juga mengambil SDM Lokal ??mengingat saya dari Indramayu tp hrs kerja jauh2 di bandung, saran q coba dalam pengadaan tenaga kerja dibidang apapun tu utamanakan sdm lokal setempat yang memasuki qualifiet dibidangnya biar mereka bisa ikut memajukan daerahnya serta meningkatkan kesejahteraan keluarganya juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>