Mengapa Jawa Barat menjadi Pengirim TKI Tertinggi?

Mengapa Jawa Barat Menjadi Pengirim TKI tertinggi

Mengapa Jawa Barat menjadi pengirim TKI tertinggi? Berdasarkan laporan dari BNP2TKI, dalam 3 tahun ini, Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi terbesar dalam hal pengiriman TKI ke luar negri. Hal ini menjadi tanda tanya tersendiri, mengapa provinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berkembang sebagai daerah industri, justru masyarakatnya lebih memilih untuk menjadi TKI.

Mengapa Jawa Barat Menjadi Pengirim TKI tertinggi

Berdasarkan perkembangan data soal TKI dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Sebelumnya jumlah tertinggi pengiriman TKI, yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur (Jatim), dan Jawa Barat. Sekarang, provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi urutan pertama dalam pengiriman TKI terbanyak keluar negri.

Apa yang menjadi faktor meningkatnya jumlah TKI asal Jabar? mengapa mereka lebih memilih untuk menjadi TKI ke luar negri, padahal kita tahu bahwa Jawa Barat termasuk provinsi yang memiliki sumberdaya alam yang melimpah, bahkan merupakan provinsi yang berkembang sebagai daerah industri?

Hal ini menjadi tugas penting bagi pemerintah, terutama Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat untuk menanggulangi melonjaknya jumlah penduduknya yang lebih memilih untuk menjadi TKI ke luar negri, walaupun tercatat banyak kasus yang terjadi pada TKI di luar negri.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>