Meningkatkan Keterampilan Lulusan SMK Indramayu

KH M. Fariz FH : Kang Yance Ideal Pimpin Jabar

Daniel MSY. – Selama menjabat sebagai Bupati, Kang Yance tidak pernah kehabisan ide dan gagasan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Indramayu. Untuk meningkatkan keterampilan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ia memobilisasi untuk melakukan praktek kerja industri (Prakerin). Karena bagaimanapun SMK negeri maupun swasta goal-nya adalah bekerja.

Untuk menunjang menunjang Prakerin, Kang Yance mengalokasikan anggaran untuk siswa-siswi yang mau melakukan Prakerin. Pada tahun 2006 dana tersebut diberikan untuk sejumlah 500 siswa. Untuk satu orang siswa diberikan dana sebesar Rp. 7.000 perhari selama 6 bulan.

Meningkatkan Keterampilan Lulusan SMK Indramayu

Dr. H. Irianto MS Syafiuddin | Kang Yance

Bahkan pada tahun 2008 Prakerin ditingkatkan bobotnya untuk diikutkan lomba kompetensi siswa. Setidak nya terdapat 30 siswa SMK yang lolos seleksi untuk siap mengikuti Praktek Kerja di Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan (BPTP) Untuk program ini Pemkab menggelontorkan dana Rp. 300 juta untuk periode Juli-Agustus 2008.

Untuk meningkatkan keterampilan lulusan SMK, kang Yance mengirim mereka untuk praktek kerja di Jepang. Bekerja sama dengan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Inkopin), di Bandung, Pemkab Indramayu mengirim sebanyak 100 orang untuk praktek kerja di Jepang selama 1 tahun. Pemkab Indramayu mengealokasikan anggaran sebesar Rp. 5 Juta pada siswa yang dikirim ke Jepang tersebut. Setelah mereka pulang ke tanah air banyak yang bekerja di sektor industri.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>