Mimpi Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran

Mimpi pantai Pangandaran yang sangat indah. Jawa Barat ini sungguh kaya. Setidaknya kita kaya dengan potensi wisata yang dapat dijual untuk menarik wisatawan.  Misalnya, untuk wisata alam, lokasinya di Jabar dan Bandung Selatan. Lalu, ada Cirebon yang punya situs-situs bersejarah.

Sejauh ini, akses menjadi salah satu kendala untuk mengembangan pariwisata Jawa Barat.  Selain itu, penataan transportasi memang perlu. Itu karena,  tidak adanya fasilitas transportasi yang tertata, wisman sulit mengakses objek wisata. Begitu pula dengan informasi.

Pantai Pangandaran

Baiknya, informasi mengenai rute dan tempat-tempat wisata itu tersedia, sehingga pada saat wisatawan sampai di bandara, wisman dapat secara mudah mengakses daerah-daerah tujuan wisata di Jabar.  Tapi, yang terjadi saat ini, informasi  tentang pariwisata kita  masih sangat minim.  Belum banyak potensi wisata di Jabar ini yang dapat dipublikasi ke daerah lain. Padahal, banyak sekali potensi wisata yang masih butuh dikenalkan pada publik. Dari sisi wisata, banyak  pekerjaan rumah yang masih harus kita tata.  Di Jabar ini, potensi wisata pantai yang sangat terkenal adalah Pantai Pangandaran. Namun, Pantai Pangandaran, kondisinya tidak memadai. Di sekitar pantainya, banyak berdiri tenda-tenda, yang justru membuat pemandangan pantai terlihat sangat kumuh. Ini membuat wisman tidak nyaman untuk menikmati pemandangan laut.

Aku bermimpi Pangandaran bisa menjadi pantai yang indah bersih dan rapi layaknya pantai-pantai di Hawaii .  Bukankah itu membanggakan ?

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , , ,

Artikel Terkait

4 Responses to Mimpi Pantai Pangandaran.

  1. Ricky Omerta says:

    urun rembung heb:pantai pangandaran sebetulnya punya potensi untuk lebih menarik para wisatawan asing maupun lokal apabila ada beberapa hal yang dapat kita siapkan :
    1. jalan akses menuju pantai pangandaran harus tetap dijaga selalu dalam kondisi aman dan nyaman, serta kalo bisa dibuat jalan akses yang lebih bebas hambata dengan cara pelebaran jalan.

    2. buat masterplan tata ruang & tata kota untuk pangandaran yang terintegrasi sehingga semua akses objek wisata bisa dikunjungi oleh wisatawan, dan juga penataan kembali untuk fasos dan fasum yang sudah ada saat ini. jangan lupakan juga untuk landscaping area di sepanjang pantai barat & pantai timur.masterplan ini tentunya sudah melalui proses verifikasi dari berbagai pihak ( masyarakat , pemda , pengusaha hotel & restoran, dan juga melibatkan pemerhati wisatawan serta pihak lainnya yang saling terkait).

    3. jika masterplan sudah dibuat , maka sebelum tahap pelaksanaan konstruksi lakukan penyuluhan – penyuluhan kepada para masyarakat atau pedagang pinggir pantai tentu saja dengan argumen yang bisa diterima dan dengan bahasa yang bisa merka pahami,,kendala terbesar di pantai pangandaran adalaha pedagang 2 yang ada di pinggir pantai saat ini sudah berulang kali di berikan pengertian dan pengarahan namun tetap saja mereka kembali membuka tenda di pinggir pantai hal ini disebabkan mereka merasa pendapatannya berkurang karena harus pindah tempat ( dilokasilir ke pasar wisata ) yang mana para wisatawan tidak di direct ke pasar wisata secara langsung sehingga wisatawan yang berkunjung ke pasar wisata jumlahnya hanya segelintir saja karena lokasi pasar wisata itu sendiri letaknya tidak dipinggir pantai..untuk itu perlu kita ketahui juga loaski untuk melokalisir pedagang tersebut juga harus di pinggir pantai,,pemda harusnya mulai sekarang membatasi ijin pembuatan hotel dipinggir pantai…alokasikan space lokasi dipinggir pantai yang masih tersisa untuk pedagang lokal..

    3.proses pelaksanaan masterplan,,pada proses ini semua pihak harus mendukung untuk mensukseskan masterplan tersebut, pasti banyak kendala namun kendala tersebut tentunya dapat diselesaikan jika komunikasi antar warga terjalin dengan baik.

    4.proses comissining,,kita lihat hasilnya dari ketiga item diatas,,apakah hasilnya positif terhadap pariwisata pangandaran??? mari kita review….

    gemah ripah repeh rapih…pangandaran is my lovely place…my birthplace…

    come on visit pangandaran 2012..

    • Ricky Omerta says:

      satu lagi yg ga kalah penting untuk kemajuan pariwisata pangandaran khususnya dan jabar umunya…promosi…!!!!campaign!!!lihat negara2 yang tidak punya objek wisata kaya hongkong & spore mereka tetap dikunjungi wisatawan karena mereka bagus dalam sistem dan promosi pariwisatanya walaupun hanya menjual wisata belanja….

      come on visit pangandaran….2012

  2. sri astuti says:

    mungkin anak anak daerah pangandaran harus berjuang pangandaran jadi kabupaten sendiri biar pemasukan wisata murni untuk wilayah pangandaran dari income pemasukan tersebut bisa untuk bangun fasilitas d atas juga menambah lapangan pekerjaan buat anak pangandaran sendiri hehehehehh

    • Ricky Omerta says:

      lets see…katanya pangandaran sudah pemekaran jadi kabupaten sendiri…semoga orang2nya amanah dan pro rakyat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>