Miniatur Bangunan Tradisional Jawa Barat

1

Miniatur bangunan tradisional Jawa Barat dapat Anda temukan di Kampung Pasir Impun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar). Lokasinya persis di kaki Gunung Manglayang sehingga saat berada di tempat ini hamparan pemandangan Bandung dari atas akan sangat jelas terlihat. Yang unik dari tempat ini adalah bangunan-bangunan rumah yang sengaja di buat mirip dengan bangunan rumah adat kampung tertentu yang ada di Jawa Barat.

Miniatur Bangunan Tradisional Jawa Barat

Tempat ini juga terkenal dengan nama Julang Ngapak, karena atap bangunannya dianggap seperti burung julang yang merentangkan sayap. Bangunan ini menggunakan atap ijuk, jerami, atau rumput ilalang yang sudah dikeringkan, sementara kolom bangunan ini menggunakan kayu gelondongan. Dinding bangunan tempat pertemuan atau berkesenian ini dibuat hanya setinggi 1 meter dan terbuat dari bilik bambu sehingga kesan tradisional tampak jelas.

Selain Bale Gede anda juga dapat menemukan empat bangunan lain ditempat ini. Dan tentu saja tidak menutup kemungkinan untuk membuat bangunan-bangun lain ditempat ini.
Miniatur Rumah Adat Jabar

Fungsi bangunan tradisional di kampung wisata ini memang berbeda-beda. Misalnya untuk rumah tinggal, yang menjadi kediaman pemilik dari ekowisata ini, Eka Santosa. Lalu ada bangunan yang disebut leuit atau lumbung padi.

Jika Anda sedang berwisata dan berkeliling ditempat ini, Anda dapat duduk-duduk santai di sekitar Bale Gede dimana setiap kursi memang dirancang dengan desain yang teratur dan juga dibuat senetral mungkin. Dan berbahan dari kayu glondongan dnegan ukuran yang besar.

Karena tempat ini baru dibuka, pengelolanya mengaku belum memiliki jadwal tetap pertunjukan seni budaya tradisional Jabar. Ke depannya, setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, akan diselenggarakan kegiatan seni. Pelakunya berasal dari warga kampung sekitar Alam Santosa.
Untuk mencapai lokasi Alam Santosa juga tidak terlalu sulit. Jalan masuk ke lokasi berada di Jalan Ujung Berung, Kota Bandung. Setelah pertigaan Pasir Impun, Anda meneruskan perjalanan naik ke Gunung Manglayang. Diperlukan waktu sekitar 10 menit dari Jalan Ujung Berung.

Miniatur Bangunan Tradisional Jawa Barat akan memperluas kemampuan tentang wawasan Anda terhadap daerah Jawa Barat. Alam Santosa merupakan satu tempat yang akan memperkuat rasa kecintaan Anda terhadap kebudayaan daerah.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>