PCD Kebanggaan Kabupaten Indramayu

PCD Kebanggaan Kabupaten Indramayu

Daniel MSY. – Polisi Cilik Dermayu (PCD) dibentuk sejak tahun 2009 lalu, lebih tepatnya pada tangga 5 April 2009. Cikal bakal terbentuknya PCD diambil dari Patroli Keamanan Sekolah atau PKS dan tercatat sudah 260 anak kelas empat hingga kelas enam yang terdaftar menjadi PCD. Mereka berasal dari 12 sekolah dasar yang ada di lingkungan kota Kabupaten Indramayu.

PCD Kebanggaan Kabupaten Indramayu

PCD Kebanggaan Kabupaten Indramayu

Meskipun bila dilihat dari usianya PCD masih tiga tahun, namun bila dilihat dari ari segi prestasi yang sudah diraih, sangat layak untuk diacungi jempol. PCD yang kesehariannya di bawah binaan Satuan Lalulintas Unit Dikyasa Polres Indramayu, sudah mencatat sederet prestasi sangat mengagumkan.

Setahun setelah terbentuknya PCD pada 2010, mereka berhasil meraih sejumlah penghargaan, diantaranya untuk lomba katagori formasi meraih juara satu tingkat nasional. Disusul juara dua tingkat nasional untuk lomba katagori PBB serta menggondol piala bergilir dan piala tetap.

Prestasi yang diraih tentunya berkat kerja keras berlatih serta ketatnya mekanisme pelatihan. Sehingga tidak aneh jika, pada hari-hari tertentu, sekitar jam empat sore, halaman markas Polres Indramayu, dijejali anak-anak berseragam polisi sedang melakukan latihan. Mereka terlihat serius melakukan latihan baris berbaris, formasi dan gatur lantas.

Ratusan pelajar Sekolah Dasar itupun, dalam berlatih dibagi menjadi beberapa regu. Masing-masing regu mewakili seluruh kesatuan yang ada di Polres Indramayu. Materi yang diajarkan di tiap-tiap regu tidak ada yang sama, hal itu disesuaikan jenjang usia dan hirarkis pelatihan.

Polisi Cilik Dermayu (PCD)

Kantor: Polres Indramayu
Jl. Gatot Subroto Indramayu

Dewan Pembina

  • Penanggung jawab: Kapolres Indramayu
  • Pembina : Kasatlantas Polres Indramayu
  • Pendamping : Kanit Dikyasa Polres Indramayu
  • Pelatih : Ujang Zaenal Mutaqqin

PCD merupakan kegiatan ekstakurikuler siswa/siswi SDN yang ada di Indramyu yang bertujuan:

  1. Menjalin tali silaturahmi antar SDN se Indramayu
  2. Menambah ilmu kepolisian sejak dini
  3. Menumbuhkan disiplin dan percaya diri

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>