Pengembangan Sektor Petanian Indramayu

Pengembangan Sektor Petanian Indramayu

Daniel MSY. – Selama menjabat sebagai Bupati Indramayu selama dua periode (2000-2010), perhatian Kang Yance juga tidak luput dari perkembangan sektor pertanian Indramayu. Pada masa kepemimpinannya sebagai Bupati, untuk pengembangan sektor pertanian Indramayu, Kang Yance lebih menekankan pada pemberdayaan petani.

Karena itu dalam pemberdayaan petani, Kang Yance menekankan pentingnya penyuluhan pertanian dan tumbuh kembangnya kelompok tani. Melalui penyuluhan dan kelompok tani ini bisa dijadikan medium untuk transfer pengetahuan budidaya tanaman dan peternakan, yang dibutuhkan oleh pasar. Sejak ia terpilih menjadi Bupati pada tahun 2000, beliau terus menggenjot penyuluhan pertanian.

Pengembangan Sektor Petanian Indramayu

Pengembangan Sektor Petanian Indramayu

Seperti pada tahun 2001, ia melakukan pembinaan terhadap para penyuluh pertanian di lapangan. Bila penyuluh pertanian pada era reformasi kurang dioptimalkan, Kang Yance memprakarsai agar para penyuluh itu di efektifkan untuk memberikan penyuluhan kepada petani.

Dengan intensifikasi pertanian terutama dalam penyuluhan dalam bidang pertanian, hingga 2008 produksi padi dan palawija di Indramayu terus meroket. Produksi padi mencapai 1.32 juta ton, palawija 7.75 ton, sayuran 37.51 ton dan buah-buahan 235.05 ribu ton. Peningkatan produksi pertanian yang ditunjukan pada 2008 bila di bandingkan dengan tahun 2001, jelas tidak lepas dari program penyuluhan pertanian yang digulirkan Kang Yance.

Dalam memberdayakan para petani, Kang Yance juga menggeberkan kelompok tani sebagai wadah pembinaan para petani untuk menggembangkan diri. Perkembangan kelompok tani di Indramayu cukup signifikan. Bila pada 2002 kelompok tani di Indramayu hanya sebanyak 1.080 kelompok, maka pada 2004 berkembang menjadi 1.103 kelompok tani. Jumlah ini terus meningkat hingga pada 2008 mencapai 1.250 kelompok tani.

Untuk meningkatkan kualitas kelompok tani, Kang Yance juga memprakarsai program peningkatan kelembagaan kelompok tani. Adapun kegiatannya antara lain; sarasehan, mengirim petani pada pekan daerah, Hari Krida Tani Tingkat Jabar, serta Pekan Tani Nasional di Palembang, Sumatera Selatan.

Seperti kita ketahui, selama Menjabat sebagai bupati Indramayu, Kang Yance mendapatkan banyak prestasi. Semua itu berhasil beliau raih, karena beliau selalu bersungguh-sungguh dalam membangun daerah yang dipimpinnya. Selain itu Kang Yance juga selalu memperhatikan keadaan rakyatnya, karena menurut Kang Yance keberhasilan untuk membangun sebuah daerah tidak lepas dari peran serta masyarakatnya. Bila Masyarakat tidak diperhatikan, bagaimana sebuah daerah bisa berkembang.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>