Spanyol Juara Euro 2012

Spanyol Juara Euro 2012

Spanyol menjadi juara Euro 2012 setelah mengalahkan Italia pada final (2/6/2012) dini hari tadi dengan skor 4-0. kemenangan Spanyol melawan Italia dengan skor yang cukup telak 4-0, membuktikan bahwa Spanyol memang pantas dinobatkan sebagai tim sepak bola terbaik dunia.

Spanyol memang masih menjadi favorit juara sebelum ke Polandia-Ukraina tahun ini, bahkan sebelum perhelatan sepak bola akbar 2012 ini digelar, sudah banyak yang jagokan Spanyol juara Euro 2012. Dengan kemenangan atas Italia, selain Spanyol memang pantas dijadikan sebagai favorit juara, Spanyol juga mencetak sejarah di benua biru dengan menjadi negara pertama yang memenangkan trofi EURO dua edisi berturut-turut.

Spanyol Juara Euro 2012

Spanyol Juara Euro 2012

Gambaran laga pada babak pertama terlihat kedua finalis saling menekan. Namun dua gol dari pemain Spanyol memberikan perbedaan atas kualitas tekanan yang dihasilkan. David Silva dan pemain muda Jordi Alba menjadi pemain yang membuat suporter Spanyol tersenyum hingga 45 menit babak pertama.

Spanyol Juara Euro 2012 Spanyol Juara Euro 2012

Begitu peluit dibunyikan, Italia langsung mencoba melakukan serangan frontal ke pertahanan Spanyol. Italia masih memberikan tekanan. Cassano mengusai bola di menit ke-3 dari sisi kiri namun dia terlalu banyak membawa bola. Dan mudah saja dihentikan oleh pemain lain. Seperti biasa, Spanyol banyak melakukan tekanan dengan penguasaan bola dari tengah. Iniesta, Xavi, Xabi dan Silva menjadi motor melawan lini tengah Italia yang bermain sangat rapat.

Italia memainkan satu gelandang bertahan Andrea Pirlo dengan formasi 4-1-3-2. Tetapi Spanyol tampil tanpa striker. Benar-benar arena menarik di tengah. Meski ditekan oleh Italia, Spanyol masih tampil dengan sangat santai melayani tekanan dengan passing satu dua dan menekan.

Tekanan Spanyol memberikan hasil yang sangat positif. Akselerasi Fabregas berhasil memberikan umpan dari sisi kiri dan langsung disundul oleh Silva.

Gol David Silva tercipta di menit ke-13, Akselerasi Fabregas berhasil memberikan umpan dari sisi kiri dan langsung disundul oleh Silva. Jordy Alba menambah keunggulan Spanyol menjadi 2-0. Jordi Alba bergerak cepat menyambut umpan terobosan dari Silva menit ke-41, kemudian dia secara cepat melakukan shooting pelan di sisi kanan Buffon tanpa bisa dijangkau. Italia tertinggal dua gol.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama Spanyol unggul dengan skor 2-0. Pada babak kedua bukan berarti Spanyol mengendurkan permainannya. Pada menit 83 Spanyol menambahkan keunggulannya, umpan terobosan yang sempurna dari Xavi dikonversi menjadi gol oleh Fernando Torres yang baru masuk menggantikan Fabregas pada menit 75. Torres membuktikan bahwa pilihan Del Bosque membawanya tidak salah dengan satu gol yang ia lesakan ke gawang Buffon di final kali ini.

Sebagai penutup dominasi Spanyol atas Italia, Spanyol mencetak gol keempat mereka, kali ini via Juan Mata. Ia menerima umpan matang yang diberikan oleh rekannya di Chelsea, Torres. Spanyol Juara Euro 2012 dan mencetak sejarah dengan menjadi negara pertama yang memenangkan trofi EURO dua edisi berturut-turut.

Tags: , , , , , , , , , ,

Artikel Terkait

One Response to Spanyol Juara Euro 2012

  1. Lurah Sana says:

    Spanyol emang oyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>