Sultan Dilarang Berpolitik, Golkar Patuh

Sultan Dilarang Berpolitik, Golkar Patuh

Daniel MSY – Rancangan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (RUUK DIY) telah tuntas dengan salah satu poin krusial: larangan kepada Sultan Hamengku Buwono selaku Gubernur DIY untuk terlibat dalam kegiatan politik.

Sultan Dilarang Berpolitik, Golkar Patuh

Akbar Tandjung

Poin itu telah disepakati oleh seluruh partai di DPR, temasuk Golkar yang selama ini menaungi Sultan Hamengku Buwono X. Sampai saat ini pun, Sultan masih tercatat sebagai kader partai beringin tersebut. Lantas bagaimana nasib Sultan di Golkar pasca penetapan RUUK DIY yang rencana bakal disahkan lusa, Rabu 29 Agustus 2012, itu?

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tandjung, mengatakan Golkar akan patuh kepada UU. “Kami tentu mengacu pada UU. Golkar bisa memahaminya karena ini terkait kekhususan DIY. Jadi kalau ada aturan Sultan tak boleh berpolitik, Golkar akan menghormatinya,” kata Akbar kepada VIVAnews, Senin 27 Agustus 2012.

Menurutnya, Golkar memiliki banyak potensi kader dan kepemimpinan, sehingga selanjutnya mereka akan mengoptimalkan fungsi kader-kader lain di luar Sultan Hamengku Buwono X. “Karena Sultan melekat dengan DIY, maka institusi kesultanan tidak bisa lagi dibawa-bawa dalam politik,” ujar Akbar.

Apapun, Golkar tetap menempatkan Sultan sebagai salah satu tokoh mereka yang dihormati. “Sultan dikenal sebagai kader Golkar sejak Orde Baru. Dia pernah menjadi anggota DPD dan DPR dari Golkar. Namun kini saat dia menduduki jabatan publik, ia harus sama di mata semua warga yang dipimpinnya,” kata Akbar.

Golkar dan Sultan paham sepenuhnya dengan kekhususan DIY. Dengan demikian Sultan kini dapat leluasa melayani publik yang dipimpinnya tanpa terkesan membedakan. “Golkar mengerti, sebagai kepala daerah DIY yang khusus, Sultan tak perlu lagi menjadi anggota partai politik,” kata Akbar.

Sumber: viva.co.id

Tags: , , , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>