Tempat wisata Indramayu

Indahnya Panorama Wisata Kawah Putih

Tempat wisata Indramayu – Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, Kabupaten Cirebon di Tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Timur, dan Kabupaten Subang di Barat. Kota-kota penting di Indramayu di antaranya adalah Indramayu, Jatibarang, Haurgeulis dan Karangampel.

Kabupaten Indramayu juga memiliki beberapa tempat pariwisata yang patut anda kunjungi ketika anda berkunjung ke Indramayu. Berikut ini nama-nama tempat wisata di Indramayu.

  • Pulau Biawak
Tempat Wisata Indramayu
Pulau biawak merupakan objek wisata bahari dengan taman laut yang menampilkan ikan hias dan terumbu karang yang masih asri, yang merupakan surga bagi para pecinta olahraga menyelam. Pulau Biawak juga memiliki pasir putih, dan hutan bakau yang dan budi daya rumput laut, serta sebuah mercusuar yang dibangun pada tahun 1872 oleh ZM. Willem yang memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa aktvitas rekreasi yang dapat anda lakukan di Pulau ini antara lain: menyelam, snorkeling, memancing dan wisata petualangan. Pulau biawak memiliki luas sekitar 120 Ha, yang terletak 40 km di sebelah utara Indramayu dan dapat dijangkau menggunakan perahu nelayan.
  • Pantai Tirtamaya
Tempat Wisata Indramayu
Pantai ini merupakan  yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan, selain tempat pemandian air laut yang aman, pantai ini juga memiliki panorama pemandangan yang  indah, terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari. Pantai Tirtamaya terletak dijalur Jalan Raya Indramayu – Cirebon, sekitar 16 km dari kota Indramayu atau sekitar 38 km dari kota Cirebon.
  • Pantai Eretan
Tempat Wisata Indramayu
Pantai ini sangat cocok untuk tempat peristirahatan untuk sejenak melepas lelah bagi anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta atau pulang ke Jakarta. Sepanjang pantai ditumbuhi oleh hitan mangrove yang rindang dan selain itu terdapat banyak restoran dan rumah makan yang siap menyajikan aneka hidangan iklan laut segar. Pantai ini terletak di daerah kandanghau, sekitar 39 km dari kota Indramayu.
  • Situ Bojongsari
Tempat Wisata Indramayu
Situ Bojongsari merupakan sebuah situ yang memiliki luas permukaan air sekitar 6 Ha. Aktivitas hiburan yang dapat anda lakukan di tempat ini antara lain: memancing, berkemah. Selain itu, anda juga dapat melakukan rekreasi air seperti sepeda air, perahu wisata serta olahraga dayung. Situ Bojongsari terletak di desa Bojongsari sekitar 2 Km dari pusat kota Indramayu.
  • Situ Bolang
Tempat Wisata Indramayu
Situ bolang yang terletak di desa Jatisura Kecamatan Cikedung sekitar 20 km dari kota Indramayu ini memiliki nuansa pedesaan yang sangat kental dengan pemandangan persawahan, ternak. Dengan tumbuhnya pohon mangga yang rindang disekeliling Situ Bolang, memberikan suasana yang nyaman. Anda dapat melakukan aktivitas, seperti memancing, berkemah, dan juga melakukan rekreasi air.
  • Koloni Banjar Kera
Tempat Wisata Indramayu
Tempat ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki daya tarik yang unik. Keunukan tempat ini berupa koloni kera yang sejak dulu hingga saat ini tidak pernah berkurang atau bertambah jumlahnya sebanyak 41 ekor kera. Wisata Koloni Banjar Kera  terletak di desa bulak, Kecamatan Jatibarang, sekitar 17 Km dari Kota Indramayu.

Selain tempat-tempat wisata di atas beberapa tempat wisata ziarah makam yang dapat anda temukan ketika anda berkunjung ke Indramyu seperti:

  • Makam Raden Arya Wiralodra

Wisata Indramayu di Blok Karangbaru, Desa Sindang. Ia adalah putra Tumenggung Gagak Singalodra dari Banyuurip, Bagelen, Jateng, yang membuka hutan di barat sungai Cimanuk, cikal bakal Indramayu.

  • Masjid Kuno Bondan Indramayu

Wisata ziarah di Indramayu yang disebut Mesjid Kuno Darussyajidin ini ada di Desa Bondan, Kertasemaya, berdiri 1414 H ini merupakan hasil musyawarah Syekh Datuk Khafi dengan masyarakat Bondan.

  • Makam Buyut Tambi

Makam Buyut Tambi terletak di Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, Indramayu, yang berada di jalur jalan Jatibarang-Indramayu.

  • Makam Pangeran Salawe

Wisata Indramayu berupa ziarah makam yang berada di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang. Komplek makam ini ada pada sebidang tanah seluas 320 m2, berpagar tembok 20 x 16 m dengan tinggi 1,5 m.

Hasil Pencarian:

Tags: , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>