Wajib Belajar MDA di Indramayu

images-16

Daniel MSY.  - Wajib belajar MDA Indramayu yang dicanangkan oleh Kang Yance ketika masih menjadi Bupati Indramayu, merupakan salah satu gagasan Kang Yance untuk menciptakan generasi penerus di Indramayu yang memiliki akhlak mulia atau akhlakul karimah. Untuk merealisasi gagasan tersebut Kang Yance menerbitkan Perda No 2 tahun 2003 tentang wajib belajar madrasah diniyah aliyah (Wajar MDA).

Wajib Belajar MDA di Indramayu

Wajib Belajar MDA di Indramayu

Menurut Kang Yance, dengan mencanangkan program Wajib belajar (Wajar) Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) agar para siswa memiliki pengetahuan dasar agama yang kuat, Karena dengan bekal agama yang kuat maka akan tumbuh manusia dengan akhlakul karimah, berbudi pekerti dan juga bermoral baik.

Wajar 9 sampai 12 tahun yang disempurnakan dengan Wajar MDA untuk membina akhlak para siswa, bertujuan agar para generasi penerus di Indramayu memiliki wawasan yang luas dan dan memiliki karakter akhlak dan moral yang melandasi semangat hidup dalam pergaulan sosial.

masyarakat Indramayu mendukung menyambut positif gagasan untuk Wajar MDA tersebut, hal tersebut dapat dibuktikan dari antusiasnya warga Indramayu membangun MDA, yang saat awal pelaksanaannya mengalami masalah dengan kurangnya jumlah MDA yang tersedia, dibandingkan dengan dengan jumlah siswa yang akan mengikuti program tersebut.

Dengan dukungan dari masyarakat Indramayu yang membangun MDA secara swadaya, jumlah MDA di Indramayu terus meningkat. Dari hasil survei, pada tahun 2000 terdapat 375 MDA di Indramayu. Dan pada tahun 2007 terdapat 826 MDA. Hal itu sejalan dengan jumlah pengajarnya, untuk tahun 2000 terdapat 1.892 guru dan pada tahun 2007 terdapat 4.642 guru dan terus meningkat hingga tahun 2010.

Selama menjabat sebagai Bupati Indramayu, Kang Yance juga sangat memperhatikan perkembangan pendidikan dan moral di Indramayu. Karena itu, Kang Yance melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan taraf pendidikan yang ada di Indramayu, dengan meberlakukan Wajar dikdas 9 tahun yang dilanjutkan Wajar 12 tahun. Dan untuk meningkatkan moral, Kang Yance mencanangkan Program Wajib belajar MDA di Indramayu.

Hasil Pencarian:

Tags: , , , , , , , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>